Belajar Tag Heading HTML

Apa itu Heading?

Heading adalah sebuah judul yang biasanya diberikan pada halaman atau beberapa bagian dari artikel.

TAG Heading secara default ditampilkan oleh browser dengan ukuran lebih besar dan lebih tebal (bold) dari teks biasa. Tidak hanya sekedar untuk memberikan penampilan yang lebih tegas dan penekanan, TAG Heading juga sangat penting dalam kaitannya dengan teknik Search Engine Optimization (SEO).

TAG Heading dalam HTML terdiri dari 6 tingkatan berdasarkan tingkat penting dan ukurannya. TAG Heading tersebut adalah <h1>, <h2>, <h3>, <h4>, <h5> dan <h6>. TAG H1 memiliki ukuran paling besar, sedangkan TAG h6 memiliki ukuran paling kecil.

Perlu diperhatikan bahwa walaupun TAG Heading ini memiliki ukuran yang bervariasi dan lebih tebal serta besar dari tag biasa, namun jangan gunakan TAG Heading ini hanya untuk membuat tulisan yang lebih besar. Gunakanlah TAG Heading hanya untuk membuat judul dan subjudul, bukan untuk membuat tulisan berukuran besar. Karena pada dasarnya untuk membuat tulisan besar kita bisa menggunakan CSS.

Biasanya H1 hanya digunakan satu kali dalam sebuah halaman web, yaitu sebagai judul utama (judul besar). H2, H3 dan seterusnya bisa kita gunakan beberapa kali sebagai sub judul.

Berikut contoh penerapan masing-masing element/tag heading :

<h1>ini adalah heading 1</h1>
<h2>ini adalah heading 2</h2>
<h3>ini adalah heading 3</h3>
<h4>ini adalah heading 4</h4>
<h5>ini adalah heading 5</h5>
<h6>ini adalah heading 6</h6>


Pastikan gunakanlah TAG Heading dalam membuat halaman web, karena TAG Heading sangat berperan penting dalam meningkatkan nilai web kita di mata search engine. Demikianlah cara menggunakan TAG Heading dalam HTML. Pada seri tutorial belajar html selanjutnya kita akan mencoba untuk belajar cara membuat paragraf di HTML. Semoga bermanfaat.


Previous Post Next Post

Promo