Memilih Editor



Apa Itu HTML Editor?

Editor HTML adalah sebuah program komputer (tool) yang digunakan untuk membuat sekaligus mengedit kode HTML. HTML sendiri adalah singkatan dari Hypertext Markup Language.
HTML digunakan untuk membuat halaman website berikut segala informasi di dalamnya. Pengetahuan tentang HTML diperlukan untuk dapat menyusun halaman website dengan baik meliputi heading, paragraf, tautan, dan lainnya.
Peran dari sebuah HTML editor adalah membuat pekerjaan seorang programmer lebih mudah dan cepat.
Alasannya, HTML editor memiliki berbagai fitur otomatis seperti memasukkan tag pembuka dan penutup. Selain itu, terdapat fitur highlight syntax yang menunjukkan kode apa yang sedang dituliskan. Pada perkembangannya, fitur yang dihadirkan sebuah HTML editor bisa sangat melimpah.
Inilah yang membedakan HTML editor dengan teks editor biasa seperti Notepad. Seperti Anda ketahui, Anda bisa mengetikan kode HTML pada Notepad. Namun fungsi yang ditawarkan oleh HTML editor jauh lebih lengkap.
 

Kapan Sebaiknya Menggunakan HTML Editor?

Kapan pun, dan kalau bisa selamanya! HTML editor merupakan tool yang sangat penting baik bagi developer pemula maupun yang sudah berpengalaman. Meng-highlight syntax serta menambahkan elemen dan autocompletion HTML adalah contoh dari fitur dasar HTML editor. Semua fitur yang ada di tool ini bertugas untuk memastikan kode yang ditulis tetap berfungsi dan terhindar dari kesalahan penulisan. Sebagai contoh, editor akan mengingatkan Anda bilamana Anda lupa memasukkan end tag </ di elemen kode. Kami sarankan agar Anda mencoba lebih dari satu editor agar tidak ada yang salah atau terlupakan pada penulisan kode.

Jenis HTML Editor

1. HTML Editor Tekstual

Sesuai namanya, HTML editor tekstual berbasis teks. Jenis editor ini cocok untuk para programmer yang sudah mahir.
Kelebihan editor tekstual adalah kemudahan programmer untuk memegang kendali penuh atas kode HTML yang sedang dikerjakannya.
Namun, editor ini tentu saja tidak memiliki fitur untuk menampilkan preview (tampilan nyata) dari website yang tengah dikerjakan.
 

2. HTML Editor WYSIWYG

Berkebalikan dengan HTML editor tekstual, editor WYSIWYG memungkinkan programmer “mengintip” hasil coding lewat live preview.
Jenis editor ini sudah memiliki tampilan antarmuka yang tentu memudahkan bagi web developer pemula. Tak kalah penting, hadirnya fitur drag-and-drop di beberapa editor, memungkinkan pekerjaan bisa dilakukan lebih cepat.
Di sisi lain, HTML editor juga terbagi menjadi online dan offline. Tidak ada perbedaan fungsi. Editor online memungkinkan Anda melakukan coding melalui browser langsung. Sedangkan editor offline mengharuskan Anda melakukan instalasi terlebih dahulu.

Belajar HTML Memilih Text Editor

berikut beberapa text editor yang kami sarankan untuk digunakan dalam penulisan code program bagi anda yang baru belajar bahasa pemograman.

1. Notepad++

Notepad++ dibuat untuk sistem operasi Windows. Boleh dikatakan kehadiran Notepad++ ini untuk melengkapi kekurangan dari teks editor bawaan Windows, Notepad.
Anda bisa mengunduh dan menggunakan editor ini dengan gratis.
Notepad++ memiliki tampilan yang sederhana dan cukup ringan. Namun, Notepad++ tetap memiliki fitur utama yang dibutuhkan untuk mengedit HTML seperti highlight syntax dan juga autocomplete.
Jika ingin mengedit beberapa dokumen dalam beberapa tab berbeda, Anda bisa memanfaatkan fitur multi-document Notepad++.

OS: Windows.
Harga: Gratis.

2. Atom

Tak lengkap jika tidak menyertakan Atom sebagai HTML editor terbaik. Kenyataanya, Atom tidak hanya bersifat open source dan gratis, namun juga mendukung semua sistem operasi (multiplatform). Kian hari pengguna Atom kian banyak.
Apa yang membuat Atom istimewa? Teletype salah satunya. Fitur ini memungkinkan beberapa web developer berkontribusi pada kode tertentu secara bersamaan. Selain itu, Atom dikembangkan oleh orang-orang di balik GitHub. Jadi, kompatibilitasnya dengan GitHub jangan diragukan.
Atom dibuat untuk melengkapi fungsi-fungsi yang belum dimiliki HTML editor sebelumnya. Artinya, semua fiturnya lengkap dan tinggal Anda tentukan mana package yang ingin Anda pasang.

OS: Windows, Linux, dan macOS.
Harga: Gratis.

3. Brackets

Brackets adalah sebuah HTML editor yang tangguh, namun tetap ringan. Apa pun sistem operasi yang Anda pakai, Brackets bisa menjadi HTML editor andalan Anda. Plus, Brackets tidak mengharuskan Anda membayar sepeser pun.
Brackets mungkin terlihat sangat simpel. Namun, beragam fitur yang dimilikinya menjadikannya favorit para web developer. Tidak semua fitur terpasang secara default. Anda bisa menambah fitur tambahan (extension) jika membutuhkannya.
Salah satu fitur unggulan editor ini adalah inline editor. Dengan fitur ini Anda bisa langsung mengedit CSS dari HTML tag yang Anda klik dengan pintasan Control+E. Selain itu, Brackets memiliki live preview yang bisa Anda gunakan untuk melihat setiap perubahan coding yang Anda lakukan.

OS: Windows, Linux, dan macOS.
Harga: Gratis.

4. KomodoEdit

KomodoEdit merupakan salah satu HTML editor terbaik yang layak masuk dalam daftar kami. Sebab, selain bisa diunduh secara gratis dan mendukung multi platform, KomodoEdit memiliki banyak fitur yang sangat berguna.
Beragam fitur yang bisa Anda nikmati dari HTML editor gratis ini antara lain Autocompletion dan Calltips yang memudahkan Anda ketika coding. Lalu, Anda juga bisa memanfaatkan Multiple Selection untuk mengedit HTML dengan lebih cepat. Jika Anda ingin mengetahui perubahan apa yang telah dilakukan, fitur Track Changes akan sangat berguna.
KomodoEdit merupakan bagian dari KomodoIDE yang menawarkan fitur lebih banyak bagi profesional seperti live preview, clipboard manager, dan Slack sharing.
Namun, KomodoEdit sendiri sudah merupakan HTML editor yang powerfull.

OS: Windows, Linux, dan macOS.
Harga: Gratis.

5. Geany

Sebenarnya Geany bukanlah HTML editor biasa. Tepatnya, ia adalah IDE (Integrated Development Environment) yang mendukung lebih dari 50 bahasa pemrograman.
Geany banyak digunakan untuk mengembangkan website karena editor ini simple, ringan, dan intuitif/mudah dipahami. Geany merupakan multiplatform editor yang bisa digunakan secara gratis.
Bagi Anda yang menguasai HTML pasti mengetahui bahwa lupa closing tag bukanlah hal yang baik. Untungnya, Geany memiliki fitur autoclosing tags. Ditambah dengan fitur umum lain seperti syntax highlighting dan auto completion, HTML editor ini layak Anda coba.
Jika menginginkan fitur lain, ada banyak fitur unggulan yang dimiliki. Sebut saja, code folding, snippets, calltips, dan code navigation. Semuanya tersedia.

OS: Windows, Linux, dan macOS.
Harga: Gratis.

6. Visual Studio Code

Visual Studio Code dikembangkan oleh Microsoft. Namun, code editor ini bisa digunakan oleh semua platform, tidak hanya Windows. Plus, Anda bisa menggunakannya secara gratis.
Visual Studio Code memiliki semua fitur yang diperlukan untuk mengedit kode HTML dengan baik. Sebut saja Intellisense. Fitur ini berfungsi sebagai code suggestion berdasarkan konteks saat melakukan coding. Selain itu, Anda juga disuguhi fitur auto-closing tags agar menghasilkan kode HTML yang baik.
HTML editor ini juga memiliki Color Picker yang berguna untuk mengatur style HTML dan mouse hover yang memberikan Anda informasi ketika mengarahkan kursor ke kode tertentu.
Jika semua fitur di atas masing kurang, Anda masih bisa menambahkan fungsi lain dengan memasang extension yang bisa Anda pilih di Marketplace mereka.

OS: Windows, Linux, dan macOS.
Harga: Gratis.

7. Adobe Dreamweaver

Dikembangkan pertama kali oleh Macromedia, Adobe Dreamweaver telah menjadi sebuah program yang tangguh untuk membangun sebuah website. Ya, seperti halnya Aptana Studio, Adobe Dreamweaver bukan HTML editor biasa!
Biasanya seorang web designer akan membuat desain halaman website, lalu langkah codingnya dilakukan dengan Adobe Dreamweaver. Oleh karena itu, HTML editor ini memiliki semua fitur lengkap untuk mengedit HTML.
Fitur pertama adalah Dual View. Anda bisa dengan mudah beralih dari code view (tekstual) ke design view (WYSIWYG). Lalu, ada code suggestion dan code highlighting yang mustahil tidak disertakan dalam editor ini. Ingin mengerjakan banyak file sekaligus? Fitur Multiple Tabs yang terkoneksi antar file akan memudahkan dan mempercepat Anda dalam bekerja.
Jika Anda ingin memiliki sebuah HTML editor dengan fungsi yang lengkap untuk mengembangkan website, HTML editor ini layak jadi pilihan. Namun, jika tampilan yang simple lebih Anda butuhkan, editor lain lebih pas tentunya.

OS: Windows, Linux, dan macOS.
Harga: Gratis.

Previous Post Next Post

Promo